-->

Contoh cara menggunakan peralatan mesin kantor


A.   Mesin laminating 
1.      Cara penggunaan mesin laminating : Tekan tombol on/off untuk menghidupkan mesin. Jika telah menekan tombol on/off namun mesin tampak tidak berfungsi, coba periksa tombol siaga yang fungsi nya untuk membuat mesin dalam keadaan stand by/hibernasi. 

2.      Pilih kecepatan mesin laminating dengan menyesuaikan kertas yang dipakai. Untuk kertas-kertas yang tebal seperti karton gunakan pengaturan laminating yang lebih lambat dibandingkan kertas tipis seperti kertas HVS. 
3.      Lapisi kertas atau dokumen dengan plastik pelapis khusus untuk laminasi.  
4.      Untuk menghindari plastik laminasi lengket pada mesin laminating, sebaiknya lapisi lagi permukaan atas plastik laminating dengan kertas HVS.. 
5.      Tempatkan kertas atau dokumen yang ingin laminasi di mesin, kemudian tekan tombol ‘run’.

Fungsi mesin laminating 
Dokumen-dokumen berharga seringkali dilindungi agar tidak rusak atau berdebu. Salah satu caranya adalah dengan melaminating. Yakni, melapisi dokumen dengan plastik menggunakan alat khusus. Selain itu, alasan kerapian dan membuat dokumen tampak lebih bagus juga menjadi pertimbangan seseorang untuk melakukan laminasi pada dokumen-dokumennya. Sebut saja KTP, Ijazah, Sertifikat dan surat-surat berharga lainnya. Sebuah mesin laminating dapat membantu melindungi dokumen-dokumen tersebut dari kerusakan akibat terkena air, debu, kotoran, bahkan menghindari dokumen terlipat atau mungkin sobek. 


B. Cara menggunakan mesin penjilid
  • Tepi kertas yang akan dijilid diberi lubang secara otomatis.
  • Gigi plastik penjilid spiral dibuka kemudian dimasukkan kedalam lubang-lubang kertas sampai seluruhnya rapi.
  • Untuk membuka jilidan tinggal membuka seluruh gigi plastik penjilid.
Fungsi mesin penjilid
Mesin penjilid atau biding machine adalah mesin kantor yang digunakan untuk menjilid berbagai warkat-warkat yang sejenis, buku-buku dan sebagainya. Menjilid adalah kegiatan menghimpun dan menyatukan warkat-warkat yang sejenis dalam bentuk buku sehingga mudah penggunaannya dan menyimpannya.
Penggunaan mesin ini lebih praktis, mengingat  kemampuan menampung yang besar, karena penjilidan dengan mesin binding dapat dilakukan dari jumlah 10 halaman hingga 100 halaman atau dengan perkiraan ketebalan 4 cm. Namun, hal ini tergantung dari kemampuan besar atau kecilnya kawat/plastik spiral yang akan dipergunakan.


C. Cara menggunakan telepon:

1. Mengangkat dengan segera bila telepon berdering
2. Memperkenalkan diri terlebih dahulu bila menerima atau menghubungi seseorang melalui telepon
3. Menggunakan bahasa yang formal,baik,sopan dan tepat
4. Menyapa penelepon dengan sebutan ibu atau bapak
5. Berbicara dengan jelas,ramah dan menyenangkan
6. Bertanya dengan bijaksana
7. Mencatat pesan atau pembicaraan
8. Mengucapkan terima kasih dan salam pada bagian akhir pembicaraan
9. Meletakkan gagang telepon dengan jelas
Fungi telepon:
Manfaat Telepon adalah untuk berkomunikasi. Karena kemajuan teknologi sekarang kita dapat berhubungan dengan semua orang tanpa adanya gangguan dan salah satu alat untuk berhubungan adalah telepon. Telepon adalah alat komunikasi yang sudah banyak dipakai oleh semua orang didunia. Karena tarif yang dikeluarkan telepon lebih murah dibandingkan alat komunikasi lainya.

D. Mesin projectors dan layar                                
Cara menggunakan mesin projectors:
  1. Hubungkan proyektor dengan listrik mengunakan kabel power, apabila lampu indikator power menyala orange, berarti proyektor siap dipakai
  2. Buka tutup lensa
  3. Tekan tombol power sekitar 2 detik (di panel proyektor atau remote), tunggu sampai indikator berwarna hijau dan display tampil penuh selama 10 - 30 detik
  4. Nyalakan semua peralatan yang menjadi input (CPU, Notebook, video player dll)
  5. Tekan source (input) untuk memilih input yang akan didisplaykan atau automaticsource dalam kondisi "On", silahkan menunggu 5 - 10 detik untuk pencarian input terdekat

Fungsi projectors:
Proyektor LCD biasanya digunakan untuk menampilkan gambar pada presentasi atau perkuliahan, tapi juga bisa digunakan sebagai aplikasi home theater. Untuk menampilkan gambar, proyektor LCD mengirim cahaya dari lampu halide logam yang diteruskan ke dalam prisma yang mana cahaya akan tersebar pada tiga panel polysilikon, yaitu komponen warna merah, hijau dan biru pada sinyal video. Proyektor LCD berisi panel cermin yang terpisah satu sama lain. Masing-masing panel terdiri dari dua pelat cermin yang di antara keduanya terdapat liquid crystal. Ketika terdapat perintah atau instruksi, kristal akan membuka untuk membolehkan cahaya lewat atau menutup untuk mem-block cahaya tersebut Membuka dan menutupnya pixel ini yang bisa membentuk gambar.


E. mesin pencatat kehadiran
Cara menggunakan mesin absensi:
Cara penggunaan mesin absensi lebih mudah dan aman pastinya. Sebelum memulai bekerja, karyawan diharuskan untuk menempelkan sidik jarinya ke pendeteksi pada mesin absensi tersebut untuk membuktikan kehadirannya. Tentunya, sidik jari tiap karyawan telah didata terelebih dahulu agar mesin absensi fingerprint tersebut dapat mengidentifikasi dan mengautentifikasi kehadiran karyawan
Fungsi mesin pencatat kehadiran:
1.      Memantau kehadiran karyawan
Kegunaan utama mesin absensi adalah untuk memantau dan mendata kehadiran karyawan. Mengingat pentingnya mengetahui daftar absensi karyawan bagi pemimpin perusahaan, fungsi mesin absensi sangat bermanfaat untuk memberikan kemudahan dalam mendata absensi karyawan.
2.      Menghitung jam kerja karyawan
Mesin absensi juga memiliki fungsi untuk menghitung jam kerja karyawan secara otomatis karena data kehadiran dari masuk hingga pulang kerja telah terdata pada database mesin absensi tersebut.
3.      Membayar gaji/pembayaran kepada karyawan
Penggunaan mesin absensi juga bermanfaat untuk menghitung gaji atau upah kepada karyawan setelah dipertimbangkan dengan memperhatikan ketepatan waktu mulai dan selesai bekerja serta memperhitungkan jam kerja masing-masing dari mereka pada laporan yang diperoleh dari pengotomatisasian mesin absensi.


0 Response to "Contoh cara menggunakan peralatan mesin kantor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel