cara menyiapkan rapat yang efektif "kesekretariatan"
A. Pengertian
Rapat
Rapat adalah suatu
perkumpulan orang yang membicarakan suatu masalah atau kepentingan bersama
untuk memberikan penjelasan, memecahkan suatu masalah atau melakukan
perundingan demi memperoleh suatu hasil yang disepaklati bersama.
Rapat adalah pertemuan atau kumpulan orang dalam organisasi baik itu perusahaan maupun instansi pemerintah dalam situasi formal maupun non formal untuk membicarakan atau merunding dan memutuskan suatu masalah berdasarkan hasil kesepakatan bersama.
Rapat adalah pertemuan atau kumpulan orang dalam organisasi baik itu perusahaan maupun instansi pemerintah dalam situasi formal maupun non formal untuk membicarakan atau merunding dan memutuskan suatu masalah berdasarkan hasil kesepakatan bersama.
B.
Tujuan Rapat
-
Untuk memecahkan atau mencari jalan keluar suatu
masalah.
-
Untuk menyampaikan informasi, perintah maupun
pernyataan.
-
Sebagai alat koordinasi antara intern maupun ekstern.
-
Agar peserta rapat dapat berpartisipasi pada masalah
yang sedang terjadi.
-
Mem,persiapkan suatu acar atau kegiatan.
C. Jenis rapat
yang dapat diurus
-
Rapat berdasarkan tujuan
1.
Rapat penjelasan
Rapat penjelasan ialah
rapat yang diselenggarakan dengan tujuan untuyk menyampaikan penjelasan kepada
para peserta rapat.
2.
Rapat pemecahan masalah
Rapat pemecahan masalah
ialah rapat yang bertujuan untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi.
3.
Rapat perundingan
Rapat perundingan ialah
rapat yang diselenggarakan untuk tujuan menghindari suatu perselisihan, mencari
jalan tengah agar tidak merugikan kedua belah pihak.
-
Rapat berdasarkan sifat
1. Rapat formal
Rapat formal; ialah
suatu rapat yang dilaksanakn dengan suatu perencanaan terlebih dahulu, sesuai
dengan aturan yang berlaku dan semua peserta rapat memperoleh ubndangan.
2. Rapat informal
Rapat informal ialah
rapat yang dilaksanakan secara tidak reesmi dan tidak beedasarkan pada suatu
rencana yang bersifat resmi.
3. Rapat terbuka
Rapat terbuka ialah
rapat yang dihadiri oleh seluruh anggota organisasi. Materi yang dibahas
merupakan masalah yang bukan bersifat rahasia.
4.
Rapat tertutup
Rapat tertutup ialah
rapat yang diselenggarankan untuk kalangan tertentu dalam suatu organisasi.
Materi rapat biasanya merupakan masalah yang bersifat rahasia.
-
Berdasarkan jangka waktu
1.
Rapat mingguan
Rapat mingguan ialah
rapat yang diselnggarakan rutin setiap minggu, guna membahas masalah yang
bersifat biasa.
2.
Rapat bulanan
Rapat bulanan ialah
rapat yang diselengaran setiap bulan, guna membahas masalah mmasalah yang
sifatnya bisasa.
3.
Rapat smester
Rapat semester ialah
rapat yang diselenggakan setiap enam bulan sekali, guna mengadaklan evaluasi
kerja selama setengah tahun serta menentukan rencana rencana berikutnya untuk
enam bulan berikutnya.
4.
Rapat tahunan
Rapat tahunan ialah
rapat yang diselenggarakan setahun sekali guna mengadakan evaluasi kerja dan
rencana kerja jangak pendek dan jangka panjang.
-
Berdasarkan ferekuensi
1.
Rapat rutin
Rapat rutian ialah
rapat yang waktunya sudah tertentu atau biasa. Misalnya mingguan atau bulanan.
2.
Rapat insidental
Rapat yang terjadi
tanpa direncanakan terlebih dahulu.
-
Berdasarkan nama
1.
Rapat kerja
Rapat atau pertemuan
para karyawan atau pimpinan guna hal hal yang berhubungan dengan pelaksanaan
tugas suatu instansi.
2.
Rapat dinas
Rapat dinas ialah rapat
yang membicarakan masalah kedinasan atau pekerjaan.
D. Skedul rapat
Ø
Membuat
agenda rapat dan susunan acara rapat
Ø
Menentukan
peserta rapat
Ø
Membuat
undangan rapat
Ø
Membuat
daftar hadir rapat
Ø
Mempersiapkan
bahan rapat
Ø
Mempersiapkan
peralatan dan perlengkapan rapat
Ø
Mempersiapkan
ruang rapat
Ø
Akomodasi/penginapan
Ø
Konsumsi
Ø
Transportasi
Ø
Pengecekan
persiapan terakhir,
check list
E.
Peralatan yang dibutuhkan saat
rapat
- Papan tulis, alat tulis serta penghapus.
- LCD projector dan layarnya.
- Sound sistem dan mic.
- Video shooting atau handy cam.
- Kamera.
- Tape recorder dan kaset.
- Map atau bahan bahan rapat.
F.
Ruangan rapat
Ruangan rapat menjadi
hal terpenting ketika kita ingin menyelenggarakan suatu rapat. Ruang rapat
merupakan tempat dimana diselenggarakan suatu forum diskusi antara peserta dan
pimpinan rapat. Seorang sekretaris perlu mengetahui ruangan yang sesuai utuk
rapat yang akan diselenggarakan , sehingga seorang sekretasis bisa menyewa
hotel atau menyiapkan ruang rapat yang sudah ada dikantor. Hal hal yang perlu
diperhatikan saat mempersiapkan ruangan rapat antara lain yaitu:
- Memberi ruangan yang aman dan nyaman bagi peserta rapat.
- Cahaya penerangan untuk ruangan rapat.
- Ventilasi udara harus yg efektif.
- Pengaturan posisi tempat duduk pimpinan dan peserta rapat.
- Penempatan peralatan pendukung jalannya rapat.
Berikut
merupakan beberapa contoh susunan meja
rapat yang bisa dipakai ketika seorang sekretaris ingin menyiapkan ruangan ruang rapat :
- Susunan meja berbentuk huruf V
- Susunan meja berbentuk huruf U
- Susunan meja berbentuk 180 derajat
- Susunan meja berbentuk jajar genjang
- Susuna meja berbentuk persegi
G. Peran
Sekretaris dalam bertindak saat rapat dan setelah rapat
Dalam hal ini peran
seorang sekretaris sangat lah penting ketika berjalannya rapat, berikut adalah
tugas sekretaris ketika rapat dan setelah rapat :
Selama rapat sekretaris mempunyai
tugas antra lain.
-
Membuat catatan
Apabila dalam rapat terjadi pengambilan keputusan melalui pemungutan suara,
maka sekretaris mencatat siapa-siapa yang setuju dan yang tidak setuju dan
mencatat hasil kesepakatan.
-
Membuat notulen
Berkaitan dengan menghubungi dan menyiapkan notulen, sekretaris yang akan
memimpin rapat dapat menentukan siapa yang bertugas sebagai notulen (jika tidak
ada, sekretaris harus mampu sekaligus menjadi notulen), dapat memahami prinsip
dasar tugas seorang notulen, serta menyiapkan perlengkapan yang diperlukan
seorang notulen untuk membuat notula diantaranya:
-
Judul rapat.
-
Tanggal, aktudan tempat rapat
-
Daftar nama peserta rapat
-
Catatan atau isi rapat
Setelah rapat selesai, seorang sekretaris masih
mempunyai tugas yang harus diselesaikan, diantaranya:
-
Pengiriman notulen
Notulen yang sudah disetujui pimpinan rapat, dikirim kepada peserta rapat,
karena notulen sangat penting untuk tindak lanjut
-
Ucapan terima kasih
Dalam rapat resmi ucapan terima kasih sangat diperlukan, terutama bagi
pejabat yang dirasa terhormat telah hadir untuk mensukseskan rapat. Peserta
rapat dan panitia serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya
rapat.
H. Menyelenggarakan Rapat yang Efektif
Berikut merupakan cara cara melaksanakan rapat dengan efektif:
a.
Mulailah pada waktu yang ditentukan
Jangan biarkan orang-orang duduk menunggu orang yang terlambat datang.
Mulailah pertemuan anda tepat pada waktunya.
b.
Jelaskan agenda
Jelaskan maksud pertemuan itu dan sebutkan agendanya secara singkat, dengan
menjelaskan segala hal yang masih ada keraguan.
c.
Cegah penyimpangan masalah
Meskipun anda harus memberi waktu yang cukup untuk membahas setiap pokok
masalah pada agenda, anda harus mencegah adanya penyimpangan dari masalah.
Kendalikan rapat dengan berpindah dari satu pokok masalah ke pokok masalah
berikutnya. Tentukan apakah anda akan diatur oleh waktu atau meneruskan diskusi
sampai tercapainya kesepakatan.
d.
Buat ringkasan secara tetap
Ringkaskan hasil dan keputusan secara teratur sewaktu rapat berlangsung
sehingga semua orang sepenuhnya mengetahui keputusan yang dibuat dan kemajuan
yang dicapai.
e.
Membicarakan masalah lain
Setelah semua agenda yang ditentukan telah ditangani, tanyakan apakah masih
ada masalah lain dan bahaslah topik yang timbul itu.
f.
Selesaikan rapat pada waktunya
Pastikan bahwa anda menyelesaikan rapat pada waktunya. Urusan yang belum
terselesaikan dapat ditangani pada rapat lain. Usahakan agar semua agenda
diliputi dalam batas waktu yang ditentukan.
g.
Bagikan risalah rapat secepatnya
Bagikan risalah rapat sesegera mungkin . Juga beritahu orang lain secepat
mungkin mengenai keputusan yang ada pengaruhnya terhadap mereka.
I.
Kesimpulan
Sekretaris yang professional harus memiliki skill yang bagus serta cekatan
dalam menjalankan tugasnya seperti mengatur jalannya rapat mulai dari
mempersiapkan, pelaksanaan, sampai mencatat hasil rapat. Maka seorang
sekretaris harus mmengetahui tatacara dan hal – hal apa saja yang harus ada dan
perlu diperhatikan demi kelancaran rapat tersebut, dan rapat merupakan suatu
hal yang penting untuk dilakukan baik diperusahaan maupun di institut
pemerintahan, karna dengan diadakan nya rapat maka akan menimbulkan rasa
kebersamaan dalam menyelesaikan suatu masalah.
0 Response to "cara menyiapkan rapat yang efektif "kesekretariatan""
Post a Comment