-->

contoh strategi pemasaran



HONDA VS YAMAHA

A.  Price
Ø Vario Vs Mio, Vario di jual dengan harga Rp. 13.15 juta sedangkan Mio Rp. 10.8 juta .
Ø Vario CW vs Mio sporty, Vario CW di jual dengan Rp. 14.15 juta sedangkan Mio Sporty Rp. 11.58 juta.
Ø Honda Tiger vs Yamaha Scorpio, Honda Tiger dengan harga Rp. 20.4 juta sedangkan Yamaha Rp. 19.38.
Ø Supra Fit vs Vega R, Supra Fit dengan harga Rp. 11.4 juta sedangkan Vega R Rp. 11.2 juta.
Ø Supra X 125R vs Jupiter Z, Supra X 125R dengan Rp. 15.4 juta sedangkan Jupiter Z Rp. 13.8 juta.

B.  Product
Dilihat dari pendekatan Game Tree, strategi Yamaha yang sukses masuk ke pasar skutik (skuter matik) dengan target konsumen wanita melalui Yamaha Mio direspons Honda dengan meluncurkan Honda Vario. Melihat ancaman ini, Yamaha merespons dengan meluncurkan Mio Sporty yang lebih trendy sportif sehingga pasar Mio yang semulai menjangkau wanita, kini juga menjangkau pria.
Yamaha berhasil mencuri  pasar penjualan sepeda motor Honda dan menciptakan varian baru dalam pasar sepeda motor. Melihat kondisi ini, mau tidak mau Honda harus merespon dengan mengeluarkan Honda Vario atau kehilangan pasar lebih banyak lagi.
Kondisi yang terjadi sekarang ini dalam pasar skuter matik adalah Yamaha tetap memimpin pasar karena Honda memasarkan Vario dengan harga lebih mahal tanpa memberikan nilai tambah yang berarti untuk dinikmati oleh pengguna motor selain merek lebih unggul di pasar.

C.  Promotion
Yamaha mengoptimalkan brand awareness melalui iklan televisi dan kegiatan berskala nasional, seperti menggelar Yamaha Religi dan beberapa event balap motor. Bahkan juga sempat dibuat iklan Yamaha dengan Valentino Rossi sebagai endorsernya. Hal ini tidak pernah dilakukan oleh Honda sebelumnya.
Terlihat juga dari iklan-iklan Yamaha akhir-akhir ini, untuk produk andalan Yamaha (Jupiter, Vega R dan Mio), iklan Yamaha sangat berkaitan antara satu iklan dengan iklan lain seakan menjadi sebuah cerita, didukung juga dengan menggunakan endorser yang cukup kuat (Dedi Mizwar dan Didi Petet serta Komeng) dengan ruang lingkup kejadian di desa rekaan mereka desa Cibebek. Kalau diperhatikan Honda dulu juga mempunyai iklan yang bertema seperti itu yang dibintangi oleh pemain sinetron Doel (Rano Karno, Basuki dan Mandra) juga sempat di ulangi dengan para pemain dari Bajaj Bajuri, sayangnya pada akhirnya tidak bertahan lama.
D.  Place
Honda adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil melakukan ekspansi pasar ke luar negeri. Salah satu keberhasilannya adalah ekspansi ke pasar Amerika. Pada tahun 1969, Honda berhasil menjadi produsen sepeda motor terbesar di Amerika.  Namun Honda belum pernah memasarkan produk mobilnya di pasar ini. Pada masa itu, di markas besar Tokyo beberapa petinggi Honda melakukan riset dan penjajakan untuk memasuki pasar Amerika.
Yamaha sudah menguasai pasar di berbagai Negara seperti Indonesia, cina, India, dan Negara – Negara lainnya.

E.  Positioning
Selama ini Yamaha selalu hanya dapat menempati posisi dua dan tiga pasar sepeda motor nasional, bersaing ketat dengan Suzuki. Di sektor penjualan produk, tim pemasar berikut jaringan penjualan Yamaha hanya berhasil mencapai market share 21% pada tahun 2005 dan 35% pada tahun 2006.
Namun untuk pertama kalinya dalam sejarah penjualan sepeda motor nasional, Yamaha menjadi yang terdepan di periode penjualan bulan Maret 2007, dengan perbedaan 7.961 unit motor lebih banyak dibanding Honda. Inilah pertama kalinya dalam sejarah industri sepeda motor nasional, Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) produsen sepeda motor merek Yamaha menjadi market leader (pemimpin pasar) sepeda motor nasional.
Tercatat sepanjang Januari hingga Oktober 2012, Yamaha telah menjual 2.079.654 unit motor. (umi)

F.   Tagetting
Yamaha mengeluarkan produk mio yang di targetkan kepada para wanita namun juga unutk pria dengan mengelarkn produk baru yaitu mio sporty.
Honda juga mengeluarkan produk baru nya  yaitu scoopy yang di targetkan untuk wanita dan pria usia  18 tahun  keatas yang menyukai motor yang unik dan trendy. Disamping itu Honda juga memiliki vario yang cocok untuk pria dan wanita.

G. Segmentasi
Untuk segmentasi demografinya, pada awalnya Yamaha Matic Mio disegmentasikan untuk pengguna motor wanita muda. Kemudian segmentasinya pun meluas tidak hanya pada konsumen wanita tetapi juga konsumen pria.
Untuk segmentasi psikografis.yamaha Matic Mio di gunakan untuk kalangan yang lebih menyukai perjalanan yang santai dan teknologi matic.  Untuk segmentasi perilaku Yamaha Matic Mio sangat irit,gesit,santai dan bermanfaat untuk untuk membawa barang karena punya bagasi yang cukup luas.
Untuk segmentasi demografi Honda mensegmentasikan pengguna yang gemar melakukan perjalanan, baik itu wanita maupun pria, dimana bahan bakar yang di gunakan lebih irit di bandingkan pesaing nya.
H.  Saluran Distribusi
Selama ini, bengkel resmi yang cukup terkenal dan jumlahnya mencapai  ribuan adalah bengkel resmi Honda yang bernama AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). Jumlah AHASS sampai dengan akhir Februari 2003 adalah 1933 bengkel. Selain jumlahnya yang cukup banyak, letaknya juga tersebar di berbagai daerah di Indonesia yang dipilih sesuai dengan jumlah penyebaran sepeda motor Honda dan kebutuhan akan perlunya layanan purna jual yang baik dan ketersediaan suku cadang.    
Yamaha kemudian menjawab tantangan AHASS, dengan menambah jumlah bengkel resmi Yamaha yaitu YSS (Yamaha Service Shop) yang pada tahun 2003 hanya terdiri dari 1200 buah. Seluruh bengkel tersebut memiliki dan mengikuti pola pelayanan yang standar atau seragam. Saat ini, YSS sudah tersebar luas, begitu pula dengan jaringan spare part-nya yang kini sangat mudah didapatkan.




TEH SOSRO VS FRESTEA

A.  Product
Teh botol sosro merupakan produk unggulan PT. sinar sosro. Dalam perkembangannya, frestea kemudian mengeluarkan varian baru teh hijau. frestea green. varian ini kemudian disusul oleh frestea dalam berbagai rasa buah, yaitu frestea apel, frestea markisa dan frestea lemon. Sensasi dingin yang ditawarkan dalam frestea dengan rasa buah ini berhasil menarik perhatian konsumen sehingga varian baru frestea ini juga bisa diterima dengan baik oleh konsumen.
Melihat baiknya respon konsumen terhadap frestea green kembali diluncurkan satu varian baru dari frestea green, yaitu frestea green honey.
frestea green honey menawarkan kombinasi antara minuman teh hijau yang terbuat dari daun teh asli dan madu.
Frestea adalah merek teh siap saji milik Beverage Partners Worldwide (BPW) yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 2002 dan merupakan salah satu merek teh siap saji dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Frestea memiliki lima macam varian yaitu: Frestea Jasmine (minuman teh rasa melati), Frestea Frutcy (minuman teh rasa buah dengan sensasi dingin), Frestea Green (minuman teh hijau), Frestea Green No Calorie (minuman teh hijau tanpa kalori) dan Frestea Green My Body (minuman teh hijau dengan varian Aloe Vera dan Ginseng).

B.  Place
Wilayah pemasaran untuk konsumen the botol sosro dan frestea  adalah seluruh wilayah Indonesia dikota besar maupun kota kecil di Indonesia.

C.  Price
Kedua jenis minuman ini meletakkan harga yang bisa terjangkau oleh berbagai kalangan yaitu Rp.2000 hingga Rp.7000 per botol nya.

D.  Promotion
Peluncuran Frestea Green My Body dilakukan melalui acara bincang-bincang (talkshow) mengenai gaya hidup dan kesehatan dengan menghadirkan dokter Sonia Wibisono serta artis Aura Kasih sebagai pengisi acara. 
Dengan ajakan untuk mencintai tubuh kita sendiri (Love Your Body), Frestea Green My Body menawarkan minuman teh hijau yang menyehatkan dengan rasa yang nikmat, terbuat dari pucuk daun teh pilihan yang diperkaya dengan bahan-bahan dengan manfaat alami. Minuman siap saji ini dikemas dalam botol plastik sehingga praktis untuk dibawa beraktivitas.
Teh botol sosro melakukan promosi dengan iklan-iklan di media massa , teh botol tidak terlalu gencar melakukan promosi karena sejak dari dulu teh botol memang sudah di kenal masyarakat Indonesia di luar dan di dalam negeri.
E.  Segmentasi
Ø Aspek demografi : Anak – anak (usia 9 sampai 12 tahun), Remaja (usia 13 sampai 18 tahun),  Dewasa
Ø Jenis Kelamin   : Pria dan Wanita
Ø Pendidikan       : Semua golongan masyarakat
Target dari teh botol ini adalah yang menyukai rasa asli teh (non fruity) dan praktis, para supir atau pejalan kaki dan orang-orang yang kehausan. Maka dari itu kemasannya praktis dan banyak dijual dikios kecil.  Jadi jika Anda haus, ya tinggal minum sosro. Sosro memiliki target pasar yang jelas, dengan target orang yang sedang melakukan perjalanan.
Untuk itulah, Frestea, merek minuman teh siap saji memperkenalkan Frestea Green My Body, produk terbarunya yang diperuntukkan bagi orang muda di perkotaan yang memiliki gaya hidup  aktif serta mobilitas yang tinggi.

F.   Targetting
Teh botol Sosro memiliki target yaitu seluruh masyarakat di semua kalangan. Frestea memiliki ttarget yang beda- beda sesuai dengan jenis varian rasa yang di miliki seperti frestea Green My body ini di targetkan untuk kaum muda yang memiliki gaya hidup aktif serta mobilitas yang tinggi.

G. Positioning
Apapun makanannya…. Minumnya Teh Botol Sosro. Itu merupakan Tag Line dari produk Minuman teh kemasan botol ini. Berbagai variasi produk dari teh botol dapat di nikmat oleh  masyarakat. Dengan rasanya yang khas dan teh botol sebagai minuman teh kemasan botol yang telah menjadi top of mind dari masyarakat, tidak heran jika saya mensugestikan produk ini dapat menguasai seluruh pasar yang ada di dunia.
Frestea –Teh Jasmine, mem-positioning-kan dirinya sebagai ”Pilihan Generasi Fres” dengan keunggulan utamanya pada rasa melati yang khas dan kuat. Adapun packaging dalam bentuk RGB 220ml, Tetra Brik 250ml, dan PET 500ml Frestea Green – Teh Hijau,mem-positioning-kan dirinya pada Health and Tasty, terbuat dari daun teh muda tanpa fermentasi, dan mengandung katekinantioksidan. Adapun keungulan-keunggulannya adalah sebagai berikut:
1.    Menurunkan resiko kegemukan
2.    Menurunkan resiko diabetes
3.    Menormalkan tekanan darah.
4.    Mencegah kanker
Frestea Frutcy – Flavour Tea, mem-positioning-kan dirinya pada aspek Cooling Sensation-nya, Mempunyai varian rasa lemon,apel, markisa Sedangkan target marketnya adalah Teenager 12 – 15 tahun  Saluran Distribusi.


H.  Saluran Distribusi
Teh botol sosro bisa di dapatkan di berbagai tempat seperti supermarket, di rumah-rumah makan, bahkan di kios-kios kecil di pinggir jalan.
Frestea bisa di dapatkan di kios- kios , di rumah makan, di swalayan, di warung- warung di pinggir jalan, dan lain- lain sebagainya.








APPLE VS SAMSUNG

1.  SAMSUNG
A.  Product
Sekarang ini, Samsung beroperasi di 6 bidang bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), Peralatan Rumah Tangga Digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor (Termasuk alat berat).

B.  Strategi pemasaran
 Secara umum, strategi pemasaran Samsung untuk memasarkan produk adalah dengan strategi yang didasarkan pada differensiasi produk, dan penentuan posisi pasar yang tepat dan terarah, membuka perusahaan anak di negara yang bersangkutan serta dengan menggunakan sole agent importer. Secara spesifik, strategi pemasaran bergantung kepada perusahaan anak di masing-masing negara.

C.  Saluran distribusi (place)
Produk Samsung diimpor langsung dari Korea Selatan, dan kemudian disebarluaskan di Indonesia dengan strategi penentuan posisi pasar dan bauran pemasaran, yang didasarkan pada strategi differensiasi produk.

D.  Place
Produk Samsung di pasar di berbagai Negara seperti Indonesia, cina, korea, Thailand dan Negara lainnya.

E.  Price
Samsung memiliki tingkat harga yang tidak terlalu mahal, Samsung masih bisa terjangkau oleh kalangan yang berpenghasilan menengah ke atas.

F.   Promotion
Samsung melakukan promosi melalui media massa dengan actor- actor yang terkenal yang menjadi duta nya.

G. Segmentasi
Samsung mensegmentasikan produknya untuk masyarakat yang berpenghasilan menengah ke atas yang mengingin produk yang berkualitas  namun harga nya bisa terjangkau.

H.  Targeting
Samsung menargetkan produk nya seperti media digital, LCD,  untuk kalangan yang berpenghasilan menengah hingga ke atas.

I.     Market positioning
Produk yang inovatif, harga yang seragam, dan sesuai dengan produk yang dipasarkan, saluran distribusi dengan dua agen besar, promosi dengan above the line dan bellow the line, serta pelayanan yang memuaskan, membuat produk Samsung diminati oleh banyak masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan produk Samsung dari tahun ke tahun.

2.  APPLE
A.  Strategi Pemasaran
Mengeluarkan produk baru apple iphone 5 c. Perkembangan Inovasi iPhone Berawal dari kesuksesan penjualan iPod, langkah Apple terus melakukan perbaikan inovasi yang terus-menerus, Apple kini mendapatkan kesuksesan yang luar biasa dengan iPhone, yaitu perpaduan iPod, telepon gengam dan menjelajah dunia maya.

B.  Product
Langkah berikutnya Apple Inc berencana meluncurkan iPhone Generasi ketiga atau “iPhone 3G” yang memiliki kemampuan teknologi nirkabel berkecepatan tinggi. Pada kuartal ketiga ini, sedang diproduksi sebanyak delapan juta unit.

C.  Place
Apple telah meluaskan pemasaran produk nya di berbagai negera seperti amerika, inggris, jepang, Indonesia dan di Negara – Negara lainnya.

D.  Price
Produk apple tergolong produk kelas tinggi yang memiliki harga  cukup tinggi yaitu sekitar Meski harganya (sekitar US$499 sampai US$599) akan tetapi para konsumen yang rata-rata komunitas Apple, menerimanya karena suatu alasan yaitu “inovasi” di dunia, dan tak perlu ribet lagi mendengarkan musik, menerima telpon dan koneksi internet secara terpisah.

E.  Promotion
Apple mempromosikan produknya melalui media massa. Bahkan iklan pertama iPhone menggunakan kalimat “there’s never been an iPod that can do this” dan menanamkan kesan bahwa calon pembeli akan mendapatkan yang lebih bila membeli iPhone.

F.   Targeting
Apple menargetkan produk nya untuk yang berpenghasilan tinggi, baik itu pria maupun wanita.



G. Segmentasi
Apple mesegmentasikan produk nya untuk kalangan – kalangan yang berpenghasilan tinggi Oleh karena itu, kampanye pemasaran produk iPhone sejak seri pertama selalu menonjolkan hal-hal yang akan menarik perhatian kaum muda dan profesional; produk yang canggih, trendi dan serba bisa.

H.  Positioning
Rilis pertama produk iPhone pada tahun 2007 yang menjadi tonggak kesuksesan Apple di abad ke-21 sebenarnya diawali oleh perencanaan dan kampanye pemasaran yang telah disusun bertahun-tahun sebelumnya, bukan hanya hasil pemikiran singkat. Dengan penerapan perencanaan strategis yang teliti dan didukung dengan sumber daya yang mumpuni, Apple berhasil meraih posisi sebagai salah satu perusahaan komunikasi tersukses di dunia.


0 Response to "contoh strategi pemasaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel